Senin, 17 September 2012

Update SD 2 Barongan *)) (Foto)

PENGAMATAN MEDIA DAN SUMBER BELAJAR BERBASIS ICT di SD 2 BARONGAN

Pada hari sabtu pagi 15 September 2012, kami sekelompok melakukan pengamatan media dan sumber belajar ICT di SD 2 Barongan yang terletak di Bungas, Sumberagung, Jetis, Bantul, Yogyakarta, Kode Pos 55781. Tepatnya sekitar pukul 07.30 kami sudah sampai di SD 2 Barongan, tak lupa kami meminta ijin dan mengutarakan tujuan kami datang ke sekolah tersebut kepada Ibu Kepala Sekolah SD 2 Barongan. Akhirnya kami diterima dengan baik oleh Ibu Kepala Sekolah SD 2 Barongan yaitu Ibu Sarjiyati, kemudian kami sekelompok diantar ke sebuah kelas yaitu kelas V. Ibu Fatma adalah wali kelas V, kemudian kami mengutarakan maksud kedatangan kami ke kelas V. Ibu Fatma menerima dengan baik dan mengijinkan kami untuk melakukan pengamatan. Kami melakukan pengamatan pada 2 (dua) mata pelajaran yaitu Matematika dengan materi pelajaran adalah FPB dan pada mata pelajaran IPS dengan materi pelajaran kerajaan islam di Indonesia. Berikut foto dan keterangan pada saat kami melakukan pengamatan pada 2 (dua) mata pelajaran yaitu Matematika dan IPS.

MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Gb. 1
Keterangan Gambar 1:
Media pembelajaran yang digunakan adalah menggunakan media papan. Dimana guru menuliskan materi FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) maupun latihan soal di papan tulis dan metode yang digunakan Guru adalah menggunakan metode ceramah namun Guru tetap berinteraksi (melemparkan pertanyaan-pertanyaan yang sekiranya siswa dapat aktif menjawabnya).
Gb. 2
Keterangan Gambar 2:
Terdapat siswa antusias memperhatikan penjelasan Guru tentang materi FPB (Faktor Persekutuan Terbesar), namun terdapat juga siswa yang masih asik sendiri tidak memperhatikan penjelasan dari Guru.
Gb. 3
Keterangan Gambar 3:
Siswa antusias untuk mengerjakan latihan soal FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) yang dituliskan oleh Guru di papan tulis.
Gb. 4
Keterangan Gambar 4 :
Masih terdapat siswa yang masih mengalami kesulitan dalam perhitungan atau belum lancar perhitungan pembangian atau perkalian, di gambar diperlihatkan siswa tersebut menggunakan ke 2 tangannya untuk membantu menghitung pembangian dari latihan soal yang diberikan oleh Guru.
Gb. 5
Keterangan Gambar 5 :
Siswa saling bekerja sama dalam menyelesaikan latihan soal FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) yang diberikan oleh Guru.
Gb. 6
Keterangan Gambar 6 :
Siswa sedang menyelesaikan latihan soal  FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) dengan menggunakan cara pohon faktor.

Gb. 7
Keterangan Gambar 7:
Gambar tersebut merupakan latihan soal FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) yang dberikan Guru untuk dikerjakan oleh siswa.
MATA PELAJARAN IPS
Gb.1
Keterangan Gambar 1 :
Media pembelajaran yang digunakan oleh Guru adalah menggunakan media papan tulis dimana Guru menuliskan latihan soal IPS tentang Kerajaan Islam di Indonesia di papan tulis.
Gb.2
Keterangan Gambar 2 :
Metode yang digunakan Guru adalah menggunakan metode diskusi. Dimana siswa saling bekerja sama secara berkelompok mendiskusikan jawaban dari latihan soal IPS tentang Kerajaan Islam di Indonesia yang diberikan oleh Guru. Sumber belajar siswa adalah  buku paket IPS yang telah disediakan.
Gb.3
Keterangan Gambar 3:
Pada gambar diperlihatkan hasil dari latihan soal IPS tentang Kerajaan Islam di Indonesia dengan menggunakan metode diskusi secara berkelompok.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar