Rabu, 26 September 2012

REFLEKSI PERTEMUAN KE 2


MEDIA DAN SUMBER BELAJAR BERBASIS ICT
REFLEKSI 2
Pada pertemuan kedua ini yang saya peroleh adalah pengalaman observasi dari kelompok lain di SD atau di TK yang mereka pilih. Sebelum kami saling bertukar cerita dengan kelompok lain terlebih dahulu dosen memberikan sekenario pembelajaran. Dengan sekenario pembelajaran ini mahasiswa dapat mengetahui langkah-langkah apa saja untuk dapat menjalankan model pembelajaran yang diterapkan dosen. Langkah pertama adalah setiap kelompok survai (3 orang) mencari kelompok survai lain (3 orang) sehingga nantinya akan ada kelompok diskusi 6 orang yang berbeda-beda tempat survai. Langkah kedua adalah menunjuk ketua dan sekretaris, tugas ketua adalah menanyakan keaktifan portofolio apakah sudah posting tugas refleksi minggu 1 dan memposting laporan survai di SD atau di TK, apabila ada salah satu anggota kelompok yang belum memposting tugas ketua mengingatkan untuk melengkapi tugas tersebut. Langkah ketiga adalah setiap kelompok survai saling menceritakan pengalamannya saat survai di SD atau TK. Kebetulan kelompok kami ini berbeda tempat survai yang satu di SD dan yang satu di TK, sehingga dengan begitu kelompok kami saling bertukar informasi dari bagaimana mekanisme penyampaian guru di SD dan TK, bagaimana dalam penggunaan media pembelajaran di TK dan SD, bagaimana aktifitas siswa dalam pembelajaran di SD dan TK, dan Efektifitas pembelajaran terkait metode dan media pembelajaran yang digunakan guru di SD dan TK. Dari berbagai tukar cerita pengalaman observasi diatas nantinya kita dapat mengetahui apa kedudukan media dalam pembelajaran dan bagimana penggunaan media dalam pembelajaran. Hasil dari diskusi kami adalah media yang digunakan di SD dan TK sama-sama menggunakan media papan tulis, metode yang digunakan di SD dan TK menggunakan metode ceramah yang membedakannya di TK dalam menerangkan menggunakan contoh-contoh yang kogkrit, misalnya dalam memperkenalkan anggota tubuh manusia guru menujuk bagian anggota tubuh (mata, hidung, telinga, mulut,dsb).
Sejauh ini dalam pembelajaran pertemuan kedua dengan metode diskusi dan saling bertukar pengalaman observasi di SD atau TK saya masih dapat memahaminya dan mengikutinya dengan baik. Dengan diskusi ini kita saling mengetahui media maupun sumber belajar yang digunakan. Namun disini saya masih mempunyai kendala pada tugas personal yaitu dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT. Saya masih bingung langkah langkah dalam membuat makromedia flash begitu juga dalam merealisasikan membuat makromedia flash.
Dengan kendala yang saya hadapi ini saya berusaha untuk berlatih dan mencoba-coba membuat makromedia flash. Begitu juga mencari buku tentang makromedia flash. Dengan kendala ini saya berusaha semaksimal mungkin tidak menyerah sampai saya BISA MEMBAUT media pembelajaran makro media flash.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar