MEDIA DAN SUMBER BELAJAR BERBASIS
ICT
REFLEKSI 2
Pada
pertemuan kedua ini yang saya peroleh adalah pengalaman observasi dari kelompok
lain di SD atau di TK yang mereka pilih. Sebelum kami saling bertukar cerita
dengan kelompok lain terlebih dahulu dosen memberikan sekenario pembelajaran. Dengan
sekenario pembelajaran ini mahasiswa dapat mengetahui langkah-langkah apa saja
untuk dapat menjalankan model pembelajaran yang diterapkan dosen. Langkah
pertama adalah setiap kelompok survai (3 orang) mencari kelompok survai lain (3
orang) sehingga nantinya akan ada kelompok diskusi 6 orang yang berbeda-beda
tempat survai. Langkah kedua adalah menunjuk ketua dan sekretaris, tugas ketua
adalah menanyakan keaktifan portofolio apakah sudah posting tugas refleksi minggu
1 dan memposting laporan survai di SD atau di TK, apabila ada salah satu
anggota kelompok yang belum memposting tugas ketua mengingatkan untuk
melengkapi tugas tersebut. Langkah ketiga adalah setiap kelompok survai saling
menceritakan pengalamannya saat survai di SD atau TK. Kebetulan kelompok kami
ini berbeda tempat survai yang satu di SD dan yang satu di TK, sehingga dengan
begitu kelompok kami saling bertukar informasi dari bagaimana mekanisme
penyampaian guru di SD dan TK, bagaimana dalam penggunaan media pembelajaran di
TK dan SD, bagaimana aktifitas siswa dalam pembelajaran di SD dan TK, dan
Efektifitas pembelajaran terkait metode dan media pembelajaran yang digunakan
guru di SD dan TK. Dari berbagai tukar cerita pengalaman observasi diatas
nantinya kita dapat mengetahui apa kedudukan media dalam pembelajaran dan
bagimana penggunaan media dalam pembelajaran. Hasil dari diskusi kami adalah
media yang digunakan di SD dan TK sama-sama menggunakan media papan tulis,
metode yang digunakan di SD dan TK menggunakan metode ceramah yang
membedakannya di TK dalam menerangkan menggunakan contoh-contoh yang kogkrit,
misalnya dalam memperkenalkan anggota tubuh manusia guru menujuk bagian anggota
tubuh (mata, hidung, telinga, mulut,dsb).
Sejauh ini
dalam pembelajaran pertemuan kedua dengan metode diskusi dan saling bertukar
pengalaman observasi di SD atau TK saya masih dapat memahaminya dan
mengikutinya dengan baik. Dengan diskusi ini kita saling mengetahui media maupun
sumber belajar yang digunakan. Namun disini saya masih mempunyai kendala pada
tugas personal yaitu dalam membuat media pembelajaran berbasis ICT. Saya masih
bingung langkah langkah dalam membuat makromedia flash begitu juga dalam merealisasikan
membuat makromedia flash.
Dengan
kendala yang saya hadapi ini saya berusaha untuk berlatih dan mencoba-coba
membuat makromedia flash. Begitu juga mencari buku tentang makromedia flash.
Dengan kendala ini saya berusaha semaksimal mungkin tidak menyerah sampai saya
BISA MEMBAUT media pembelajaran makro media flash.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar