Senin, 01 Oktober 2012

Diskusi teknik pemilihan media (kel 7, pekan 3)

TEKNIK PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
KRITERIA PEMILIHAN MEDIA
(Dasar Pertimbangan Pemilihan Media)
A. Alasan Teoritis Pemilihan Media
Media merupakan salah satu komponen utama dalam pembelajaran selain tujuan, materi, metode dan evaluasi, maka seharusnya guru menggunakan media. Kedudukan media untuk media pembelajaran.
Alasan pokok pemilihan media dalam pembelajaran karena didasari atas konsep pembelajaran sebagai sebuah system yang didalamnya terdapat suatu totalitas yang terdiri dari sejumlah komponen yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan. Upaya untuk mewujudkan tujuan pembelajaran ditunjang oleh media yang sesuai dengan materi , strategi yang digunakan dan karakteristik siswa. Hasil belajar dengan cara evaluasi yang tepat sesuai tujuan materi. Apabila hasil belajar tidak sesuai maka perlu ditelusuri penyebabnya dengan menganalisis setiap komponen, sehingga dapat mengetahui factor penyebabnya.
Analisis penyebab rendahnya hasil belajar :mungkin disebabkan karena rumusan tujuan tidak sesuai sesuai dengan tingkat kemampuan awal siswa, bias jadi tujuan yang ditetapkan tidak sesuai dengan tingkat kemampuan siswa.


B. Alasan Praktis Pemilihan Media
Alasan praktis berkaitan dengan pertimbangan  dan alasan si pengguna seperti guru, dosen, instruktur mengapa menggunakan media dalam pembelajaran.
Penyebab orang memilih media(Arif Sadiman):
a.       Demonstration
Media dapat digunakan sebagai alat untuk mendemonstrikan sebuah konsep, alat, obek, kegunaan, cara mengoperasikan. Media berfungsi sebagai alat peraga  pembelajaran.
b.      Familiarity
Pengguna media pembelajaran memiliki alasan pribadi, ia menggunakan media tersebut, karena sudah terbiasa menggunakan, menguasai media tersebut.
c.       Clarity
Guru menggunakan media adalah untuk lebih memperjelas pesan pembelajaran dan memberikan pesan yang lebih konkrit.
d.      Active Learning
Aspek yang harus diupayakan oleh guru dalam pembelajaran adalh siswa harus berperan secara aktif baik secara fisik,mental,dan emosional.
Table yang menunjukkan beberapa pertanyaan yang dapat dijadikan sebagai bahan penilaian terhadap media:

KRITERIA UMUM PEMILIHAN MEDIA
Faktor-faktor yang mempengaruhi kesesuaian media yaitu tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, modalitas  belajar siswa, lingkungan, ketersediaan fasilitas pendukung, dan lain-lain. Kriteria umum pemilihan media dipengaruhi sebagai berikut :
a.       Kesesuaian dengan tujuan
Yaitu tujuan dari kriteria pemilihan media didasarkan pada standar kompetensi, kompetensi dasar dan terutama indikator. Contohnya rencana pelaksanaan pembelajaran(RPP)
b.      Kesesuaian dengan materi
Yaitu bahan atau kajian apa yang akan diajarkan pada program pembelajaran tersebut.
c.       Kesesuaian dengan fasilita  pendukung, kondisi lingkungan, dan waktu yang tersedia
Bagaimana bagusnya sebuah media, apabila tidak didukung oleh fasilitas dan waktu yang tersedia, maka kurang efektif.
d.      Kesesuaian dengan karakteristik siswa
Yaitu mengkaji sifat-sifat dan ciri-ciri media yang digunakan.
e.       Kesesuaian dengan gaya belajar
Gaya belajar siswa menurut Bobbi DePorter(1999:117) dalam buku Quantum Learning mengemukakan tiga gaya belajar siswa, yaitu: tipe visual, auditorial dan kinestik.
f.       Kesesuaian dengan teori
Yaitu didasarkan atas teori yang diaangkat dari penelitian dan riset sehingga telah teruji validitasnya.

KRITERIA KHUSUS PEMILIHAN MEDIA
1.    Acces
Kemudahan akses menjadi pertimbangan pertama dalam memilih media. Dalam hal ini media harus merupakan bagian dalam interaksi dan aktivitas siswa,bukan hanya guru yang menggunakan media tersebut
2.    Cost
Merupakan pertimbangan terhadap biaya yang akan di gunakan dalam media tersebut.
3.    Technology
Memperhatikan teknologinya atau tidak, dan ketersediaan teknologinya.
4.    Interactivity
Adalah dapat memuncul kan komunikasi dua arah atau interaktivitas.
5.    Organization
Pertimbangan yang penting adalah dukungan organisasi
6.    Novelty
Kebaruan dari media yang anda pilih juga harus menjadi pertimbangan
PROSEDUR PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN
A.                FORMAT PEMILIHAN MEDIA
·         FLOWCARD : menggunakan system pengguguran  atau eliminasi dalam pengambilan keputusan pemilihan, jika salah satu beropsi tidak maka gugur dan berpindah pada langkah selanjutnya.
·         MATRIK        : menangguhkan proses keputusan pemilihan sampai semua kriterianya dipertimbangkan.
·         CHECKLIST  : menangguhkan proses keputusan pemilihan sampai semua kriteriannya dipertimbangkan. Lebih banyak digunakan sebagai bentuk baku sebagai pedoman dalam pemilihan media.
A.                FORMAT FLOWCARD
 
 
 
 
A.                FORMAT MATRIK
Berbentuk kolom yang mengkaitkan dan mencocokkan satu variabel media dengan variabel lainnya. Contoh dilihat dari segi pengontrolannya/kesesuaian media dengan cara pengendaliannya.
 
Keterangan :
Portabelà kepraktisan media tersebut untuk digunakan
Pengendalian media :  untuk dirumah, siap digunakan setiap saat artinya tidak tergantung pada aspek lain, terkendali, dapat digunakan secara mandiri artinya siswa pada saat menggunakan media tersebut tidak selamanya tergantung pada guru, namun dapat digunakan oleh siswa.
CARA MENGGUNAKAN FORMAT MATRIKS
1.      Memperhatikan aspek pengendalaian dari media tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran  
2.      Memilih salah satu dari  media  dan cocokkan dengan karakteristik dari media tersebut, apabila karakteristik media tidak sesuai dengan karakteristik yang Anda butuhkan maka tidak akan dipilih atau digunakan.
A.                FORMAT CHECKLIST
Merupakan format yang digunakan untuk memberikan penilaian dengan memberi tanda dan memberi nilai pada rentang penilaian media. Format ini menyesuaikan dengkeperluan sekolah tertentuan. Berikut contoh dari format checklist :



PROSEDUR PEMILIHAN MODEL ASSURE
(Heinich, Molenda dan Russel)
Assure mengandung makna dari masing-masing huruf.apabila akan memilih media lekukan dengan mengikuti prosedur sesuai tahapan Assure:
AàANALISIS LEADER CHARACTERISTICS
Melakukan analisis terhadap karakteristik siswa yaitu karakteristik umum dan khusus. Karakteristik umum terdiri dari usia, pengelaman belajar sebelumnya, latar belakang keluarga,sosial budaya dan ekonomi. Sedangkan karakteristik khusus terdiri dari pengetahuan, skill dan sikap yang dimiliki siswa.
Pembelajaran menuntut informasi yang konkrit, jelas,sederhana dan  pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan berpikir siswa. Ketrampilan berpikir terdiri dari ketrampilan berpikir dasar dan ketrampilan berpikir kompleks. Proses berpikir dasar yaitu dari yang sederhana ke yang kompleks yang terdiri dari kemampuan menghafal, membayangkan, mengelompokkan, menggeneralisasikan, membandingkan, mengevaluasi, menganalisis,mensintesis, mendeduksi, dan menyimpan. Proses berpikir kompleks meliputi pemecahan masalah, pembuatan keputusan, berpikir kritis dan berpikir kreatif.
SàSTATE OBJECTIVES
Menentukan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang diharapkan tercapai. Dengan memperhatikan SK, KD, indikator. Menurut Hall dan Jones (1976:48) kompetensi yang ingin dicapai adalah :
a.       Kompetensi kognitif mencakup pengetahuan, pemahaman, dan perhatian
b.      Kompetensi afektif (nilai, sikap, minat, apresiasi)
c.       Kompetensi penampilan (fisik, motorik)
d.      Kompetensi produk menyangkut keterampilan melakukan perubahan terhadap pihak lain.
e.       Kompetensi Eksploratif menyangkut pemberikan pengalaman yang mempunyai nilai kegunaan di masa depan, sebagai hasil yang positif.
SàSELLECT, MODIFY OR DESIGN MATERIALS.
Merupakan kegaiatn memilih media, memodifikasi media yang sudah ada dan merancang sesuai kebutuhan.  Pemilihan media dapat menggunakan format checklist, matrik, ataupun flowchart.
UàUTULITIZE MATERIALAS
Setelah media dipilih sesuai dengan karakteristik siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran lalu langkah selanjutnya digunakan dalam pembelajaran.
RàREQUIRE LEARNER RESPONSE
Bagaimana respon siswa terhadap penggunaan media tersebut. Kejelasan pesan dan respon siswa dapat dilihat dari ekspresi, pendapat langsung perihal media ketertarikan media tersebut, mudah atau sulitnya memahami pesan pembelajaran dalam media tersebut serta motivasi siswa setelah menyimak pembelajaran dengan media.
EàEVALUATE
Merupakan tahap akhir dalam pemilihan media. Evaluasi merupakan suatu  proses membuat suatu keputusan nilai objek. Evaluasi didasarkan pada hasil pengukuran (quntitatif), quantitatif, baik dengan pengukuran measurement maupun non measurement.
PROSEDUR PEMILIHAN MODEL ANDERSON
 
 
Pesan berupa informasi di instruksi--> Kemudain tentukan metode pemindahan-->
Media pembelajaran-->Tentukan ciri pekerjaan-->pilih media--> Evaluasi kekurangan dan kelebihan(bila media tiadk cocok)-->media cocok-->merencanakan perencanaan dan produksi media.
ANGGOTA KELOMPOK 7 :
1.      TRI ASTUTI                                                  (11005010)
2.      ANWINANTI DYAH ISTIQAMAH             (11005012)
3.      NASTITI NURHANDEWI                           (11005013)
4.      TAUFIK MASDUKI                                     (11005025)
5.      ARTOPO WIDIHATMOKO                         (11005032)
6.      MUHAMMAD RIFKI                                   (11005038)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar