Senin, 01 Oktober 2012

REFLEKSI PERTEMUAN KE 3


MEDIA DAN SUMBER BELAJAR BERBASIS ICT
REFLEKSI 3
Pada pertemuan ketiga ini yang saya pelajari adalah tentang Teknik Pemilihan Media Pembelajaran. Pada hari sebelumnya dosen memberikan skenario pembelajaran dengan mengupload di forum. Dengan begitu mahasiswa dapat membuka materi untuk minggu ketiga, sehingga mahasiswa sudah tahu dan menyiapkan materi untuk pembelajaran besok. Kelompok pada sekenario ketiga ini sesuai dengan sekenario kedua. Kegiatan didalam kelompok adalah mendiskusikan dan mempresentasikan materi tentang Teknik Pemilihan Media Pembelajaran. Di dalam Teknik Pemilihan Media Pembelajaran ini saya dapat mengetahui kriteria umum pemilihan media, kriteria khusus pemilihan media, prosedur pemilihan media pembelajaran yang terdiri dari format pemilihan media, format flowcard, format matriks, dan format checklist, prosedur pemilihan model Assure, serta prosedur pemilihan Anderson.
Sejauh ini saya kurang memahami meteri tentang Teknik Pemilihan Media Pembelajaran, mungkin pada pembelajaran kemarin hanya teori tentang Teknik Pemilihan Media Pembelajaran saja. Terkadang dalam suatu diskusi setiap anggota mempresentasikan dengan cara membaca tanpa diikuti dengan pemahaman. Sebelumnya setiap anggota diberi waktu untuk mempelajari materi yang telah dibagi dalam suatu kelompok dengan dengan dibatasi waktu. Sehingga apabila belum memahami secara maksimal maka akan menambah kebingungan dalam meteri tersebut. Sehingga kita yang mendengarkan atau saya agak kurang jelas dalam menyerap materi yang disamapikan teman dari anggota kelompok. Menurut saya pribadi saya lebih dapat memahami suatu konsep materi apabila diberikan contoh-contoh.
Sehingga menurut saya untuk lebih jelasnya materi tersebut dapat direalisasikan secara kogkrit, jadi kita itu tidak hanya membayangkan bagaimana bentuk dari media pembelajaran itu tetapi kita dapat melihat dan menerapakannya secara langsung dalam proses pembelajaran. Maka hal tersebut dapat mempermudah pemahaman pada materi tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar