Minggu, 07 Oktober 2012

REFLEKSI PERTEMUAN KE 4


MEDIA DAN SUMBER BELAJAR BERBASIS ICT
REFLEKSI 4
Materi kuliah minggu keempat ini adalah konsep dan aplikasi media pembelajaran, analisis karakteristik siswa, aspek penting dalam pembuatan media pembelajaran berbasis tik, cara merumuskan tujuan khusus pembelajaran, Langkah-langkah Pengembangan Media Pembelajaran, paduan penyusunan materi pelajaran, dan pengembangan materi pembelajaran. Dari materi tersebut kemudian dibagi, setiap anggota kelompok besar mempunyai bagian masing-masing untuk memahami dan meringkas materi tersebut dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan oleh dosen. Kemudian salah satu anggota kelompok maju untuk menjelaskan materi tentang prosedur pengembangan media.
Dari berbagai materi tersebut sebenarnya sudah lengkap dan jelas, hanya saja untuk memahami berbagai materi tersebut dengan alokasi waktu yang ditentukan sangatlah sulit, dengan suasana awal pembelajaran yang tidak terkondisi, saya sendiri merasa terburu-buru dalam memahami dan meringkas materi, serta harus mendownload materi dari dosen dengan wifi di kampus yang tidak bisa digunakan, sehingga setiap anggota harus meminta materi dari kelompok lain yang sudah mendapatkan materinya. Hal tersebut sangatlah membuang-buang waktu. Apa lagi setiap anggota harus bekerja cepat untuk memahami dan meringkas materi tersebut dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan. Sehingga hal tersebut membuat pembelajaran dikelas menjadi tidak efisien dan efektif. Menurut saya suatu kondisi awal pembelajaran sangatlah berpengaruh terhadap pemahaman materi pelajaran, apabila kondisi awal pembelajaran sudah tidak terkondisi maka kita akan sulit untuk masuk (memahami, mengerti) isi materi pembelajaran, karena pikiran kita sudah terkontaminasi dengan hal-hal yang membuat tidak nyaman pada saat awal pembelajaran.
Harus belajar memanajemen waktu khususnya untuk diri saya sendiri, berusaha lebih maksimal lagi untuk memahami, mengerti berbagai materi kuliah yang disamapaikan oleh dosen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar